Amankah Charging Baterai di MOD? | Review | Vape Edukasi | Jual | Vapor Indonesia

Amankah charging Baterai di Mod? jawabannya ya Aman, kan fitur ini sangat berguna dalam keadaan Terdesak, misalnya lagi di luar rumah/kantor dan baterai vape habis. Colok powerbank dan kamu bisa menggunakannya kembali. Charging baterai di mod boleh-boleh saja namun sebaiknya jangan dijadikan cara utama untuk charge baterai.

Fast Charging Mod

Beberapa mod seperti DNA atau Gen menawarkan fast charging. Dengan demikian baterai akan lebih cepat terisi di mod ketimbang lewat charger terpisah. Ya ini memang tujuannya. Kalau sedang kepepet kamu bisa charge lewat mod dan prosesnya juga cepat. Tapi secara umum fast charging akan memperpendek umur baterai.

Jangan salah sangka, baterai yang bagus seperti Sony VTC 5A dapat di charge sampai dengan 2.5 ampere. Namun jika kamu charge dengan 0.5-1 A, yang mana merupakan kecepatan standard charger terpisah maka baterai akan lebih awet. Ini karena mengisi dengan ampere tinggi akan menaikkan suhu baterai dan jika ruangan charging tidak memiliki pendinginan yang cukup maka material di dalam baterai akan mengalami panas dan berdegradasi lebih cepat.

Memangnya Signifikan Sekali?

Mungkin tidak. Baterai yang bagus sudah mempunyai spesifikasi charging di atas 2A, namun ini juga datang dengan spesifikasi suhu yaitu 23 derajat. Ini berarti baterai aman diisi dengan 2A selama suhu sekitar adalah 23 derajat. Ini berarti ruangan ber-ac yang cukup dingin. Jika di atas ini maka tidak ada jaminan bahwa baterai tetap memiliki spesifikasi cycle yang sama. Maksudnya, Baterai dirancang dengan sebuah spesifikasi tertentu. Misalnya VTC 5A dirancang untuk diisi 700x dengan kecepatan 2.5A, dan suhu 23 derajat. Jika aturan ini dipatuhi maka setelah 700x pengisian, Sony VTC 5A masih akan mempunyai kapasitas sebesar 70%.Amankah Charging Baterai di MOD

Tapi jika kamu menggunakan baterai ini di luar spesifikasi, misalnya di charge di ruangan yang lebih panas, atau di charge 3A, maka Sony tidak berani berjanji kamu dapat mengisinya 700x dan masih memiliki 70% kapasitas. Bisa saja dengan gaya pemakaian kamu, baterai hanya dapat di isi 500x dan di luar ini mulai drop.

Jadi charging baterai di charger khusus, merupakan langkah yang akan membuat umur lebih panjang. Tapi tidak perlu di bawa stress juga, kalau lagi ingin charge di mod ya sudah lakukan saja. Kalaupun baterai lebih pendek sedikit umurnya ya sudahlah, baterai juga tidak semahal itu (mengingat umur pakainya yang relatif panjang).

Tips Keamanan Charging di Mod

  • Silahkan charge baterai di mod, ini terkadang sangat membantu ketika di luar rumah.
  • Untuk amannya, jangan charge baterai sampai penuh di mod. (Cukup di 50-70% saja). Siapa tahu mod kamu tidak mempunyai balancer dan cell-by-cell monitoring.
  • Jangan mengisi baterai lewat mod dan lalu meninggalkannya tanpa adanya supervisi, apa lagi ditinggal semalaman.
  • Cara terbaik adalah membeli charger baterai secara terpisah (seperti Xtar VC4 atau apapun) tapi juga jangan ditinggalkan tanpa pengawasan ketika charging.
  • Ketika charging di mod, usahakan suhu ruangan dingin (sekitar 23 derajat), hindari melakukan charging di mod dengan suhu luar ruangan, misalnya ketika berkendara motor dan charging vape dengan power bank. Panas berlebih akan mengurangi umur baterai.
  • Jika kamu charge secara rutin di mod dan chip di dalam mod tidak bagus, maka lama-lama kamu akan menemukan bahwa 1 baterai lebih lemah dari baterai lainnya (dalam kasus mod 2 baterai). Ini pertanda bahwa mod kamu tidak memiliki chip yang bagus untuk charging.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

!!! GIVEAWAY POD & LIQUID !!!

Hello Vapers,

Caranya Follow instagram @vaporesia.official dan ajak teman kamu sebanyak – banyak untuk follow akun IG kami. Lalu komen di postingan vaporesia dan tag 3 teman kamu.

Pemenang akan di umumkan secara acak saat followers @vaporesia.official sudah mencapai 10K.

Follow vaporesia.official dengan mengklik link di bawah ini.

FOLLOW US ON INSTAGRAM @VAPORESIA.OFFICIAL