Mengenal Tentang Salt Nicotine / Salt Nic | Review | Jual | Vaporesia

Mengenal Tentang Salt Nicotine / Saltnic

Apa Itu Salt Nicotine / Saltnic?

Mengenal tentang Salt Nicotine / Salt Nic. Istilah Salt Nic memang sudah tak asing di kalangan para vapers. Karena Salt Nic ini akan menentukan rasa dan sensasi ketika kamu vaping. Jadi, apa itu Salt Nic pada liquid? Berbicara soal Nicotine, Nicotine yang ada di daun tembakau alami sebenarnya mengandung salt (namun bukan dalam bentuk garam dapur). Jadi terlepas dari konsepsi umum, salt nicotine adalah bentuk alami dari nicotine.

Masalahnya adalah karena mengandung salt, nicotine jadi lebih sulit diserap tubuh. Ini berarti kamu harus mengonsumsi banyak tembakau untuk bisa merasakan efek nikotinnya. Salt Nicotine yang diproses dengan benzoic acid mampu memberikan tendangan nicotine yang lebih efektif dari nicotine freebase. Throat hit salt nicotine jauh lebih rendah dari freebase nicotine (dengan dosis yang setara). Satu kali hisap salt nicotine mampu diserap tubuh hampir 10x lebih banyak (dan cepat) dari  nicotine biasa.

Tapi semua ini berubah di tahun 1960 ketika perusahaan Phillip Morris (rokok Marlboro) menemukan cara untuk meningkatkan tendangan nikotin di rokok tanpa harus menambah jumlah tembakau. Caranya adalah dengan memproses tembakau dengan amonia. Ini menjadikan nicotine lebih nendang atau lebih efektif.

Proses dengan amonia ini melepaskan muatan positif (yang didapat dari salt) yang ada di nikotin sehingga diserap tubuh lebih baik. Selanjutnya nicotine tipe ini kita sebut sebagai freebase nicotine.

Semua rokok pabrikan modern dan juga liquid vape menggunakan freebase nicotine karena lebih efektif (dan juga adiktif) dibanding nicotine alami.

Phillip Morris 2.0

Kalau salt membuat nicotine lebih sulit diserap mengapa sekarang mulai trending lagi?

Hal ini dipicu oleh PAX, perusahaan dibalik pod system bermerek Juul yang sangat terkenal itu. Mereka melakukan modifikasi terhadap salt nicotine seperti yang dilakukan Phillip Morris di tahun 1960.

Mengenal Liquid salt nicotineMereka memproses salt nicotine (nicotine alami) dengan benzoic acid, hasilnya adalah:

  • Nicotine dapat menguap dengan lebih efektif di suhu rendah dan mempunyai throat hit yang lebih halus.
  • Salt Nicotine menjadi lebih mudah diserap tubuh.

Tujuan utama PAX adalah menciptakan sensasi nicotine yang sangat mirip dengan rokok. Liquid biasa mempunyai tantangan ekstra karena mereka harus menaikkan kadar nicotine agar setara rokok, tapi ini juga menaikkan throat hit dan tidak semua vaper kuat dengan 6mg atau 9mg.

Sebagai kesimpulan:

  • Salt Nicotine yang diproses dengan benzoic acid mampu memberikan tendangan nicotine yang lebih efektif dari nicotine freebase.
  • Throat hit salt nicotine jauh lebih rendah dari freebase nicotine (dengan dosis yang setara).
  • Satu kali hisap salt nicotine mampu diserap tubuh hampir 10x lebih banyak (dan cepat) dari  nicotine biasa.

 

Mengapa Salt Nic Mempunyai Nicotine yang Tinggi?

Alasan pertama adalah walaupun sudah mudah diserap tubuh (karena benzoic acid) namun tidak berarti sangat-sangat mudah. Nicotine tetap ditambahkan lebih untuk mengakomodasi penyerapan yang tidak 100% efektif.

Alasan kedua adalah karena desain industri. PAX (perusahaan Juul) mungkin ingin menjual lebih dari sekedar liquid, jadi mereka juga merancang mod sendiri yang praktis dan mendapatkan keuntungan. Tidak semua orang ingin menenteng mod 3 baterai dengan lebih dari 15 setting bukan?

Mereka membuat device yang kecil tanpa setting sehingga mudah digunakan. Device kecil datang dengan baterai kecil dan daya yang kecil juga, sehingga penguapan nicotine menjadi tidak efektif karena tenaganya yang kecil.

Apakah Liquid Salt Nic Lebih Enak?

Secara teori harusnya iya. Karena Salt Nic lebih stabil ini berarti lebih tahan lama dan tidak mengubah atau mempengaruhi rasa sama sekali.

Secara praktek? Tidak sama sekali.

Fungsi utama dari pod system dan salt nic adalah mengirim nikotin ke tubuh. Rasa hanyalah sebuah bonus saja. Jadi ya rasanya sangat tipis sekali, layering juga sering sekali bersembunyi dan beberapa rasa malah bisa terasa berbeda sekali jika dibandingkan versi normalnya.

Jika kamu beralih ke pod system untuk mencari rasa maka ya, salah besar.

Tapi mengapa rasanya loyo? Karena tenaganya juga loyo. Rata-rata pod hanya menggunakan 7-15 watt saja. Sulit sekali mendapatkan rasa dan layering yang pekat dari tenaga 15watt terlepas dari besarnya ohm coil.

Jika kamu datang dari RDA dual coil dan sudah mendapatkan setting flavor yang optimal maka ya akan sangat jauh berbeda. Tapi jika kamu datang dari rokok maka masih bisa dibilang peningkatan rasa.

Apakah Salt Nic Berbahaya?

Mengenal tentang Salt Nicotine, dibanding tidak mengonsumsi nicotine sama sekali. Ya lebih berbahaya.

Dibanding liquid freebase? Belum ada penelitian jangka panjang mengenai hal ini.

Ada yang bilang benzoic acid berbahaya di suhu tinggi, tapi karena pod system menggunakan watt kecil maka masih relatif aman. Ada juga penelitian yang mengatakan di 300 derajat pun benzoic acid masih stabil dan tidak terurai atau bereaksi.

Kesimpulannya adalah belum ada penelitian yang konklusif mengenai efek jangka panjang bencozic acid. Bisa saja ada efek negatif yang besar, bisa jadi tidak ada apa-apa.

Sebagai pengingat hal yang sama juga terjadi di liquid vape biasa (freebase), belum ada penelitian jangka panjang yang konklusif dan dunia terbagi atas dua bagian besar, pro dan kontra.

Namun ada satu hal yang bisa berpotensi berbahaya. Salt nic adalah nicotine yang sangat smooththroat hit minimal dan rasanya tidak terlalu tebal. Artinya kamu bisa saja menghisap terlalu banyak dan tidak menyadarinya, setelah sesaat nicotine yang banyak ini mulai melepaskan efeknya dan jika terlalu banyak kamu bisa keracunan nicotine dengan tanda-tanda:

  • Mual
  • Sakit perut
  • Pusing
  • Nafas tidak beraturan
  • Lemas

Namun biasanya tidak fatal, istirahat beberapa jam dan badan akan membaik. Jika kamu pertama kali mencoba salt nic, jangan hisap terlalu banyak, hisap 1-3x dan biarkan nicotine bekerja sebelum menghajarnya lagi. Setelah ini kamu dapat mengetahui seberapa baik tubuh kamu menghadapi salt nic.

Apakah Saya Akan Suka Salt Nic?

Jika nicotine adalah tujuan utama kamu maka ya. Salt nic diserap lebih cepat dan memberikan kamu tendangan lebih cepat dari vape.

Jika kamu mencari rasa atau flavor maka tidak. Untuk mendapatkan rasa yang penuh kamu harus menggunakan watt yang tinggi, dan itu hampir tidak mungkin di pod system. Jika kamu tetes di RDA maka kamu dapat keracunan nicotine, karena jumlah nicotine yang tinggi ditambah pemanasan yang sangat tinggi = nicotine masuk ke tubuh dengan jumlah yang sangat banyak sekali.

 

2 thoughts on “Mengenal Tentang Salt Nicotine / Salt Nic

    • helloryska says:

      tidak semua pod bisa menggunakan liquid freebase kak, pod aio baru bisa pakai freebase. yang di perhatikan paiing coil nya aja harus sesuai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

!!! GIVEAWAY POD & LIQUID !!!

Hello Vapers,

Caranya Follow instagram @vaporesia.official dan ajak teman kamu sebanyak – banyak untuk follow akun IG kami. Lalu komen di postingan vaporesia dan tag 3 teman kamu.

Pemenang akan di umumkan secara acak saat followers @vaporesia.official sudah mencapai 10K.

Follow vaporesia.official dengan mengklik link di bawah ini.

FOLLOW US ON INSTAGRAM @VAPORESIA.OFFICIAL